Pendengar Aktif

Baru satu atau dua kata saya bercerita, Dul sudah menanggapi dengan satu atau dua kalimat. Berlanjut lagi dengan satu atau dua paragraf dari Si Dul.

“Diam…dulu Dul!” tegur Kak Ahya.

Si Dul tidak peduli. Si Dul terus menceritakan imajinasinya yang terpicu oleh satu atau dua kata cerita saya.

“Dul…kita itu akan mendengarkan cerita dari Ayah. Makanya diam dulu!” Kak Iva ingin menegur.

Dasar Si Dul, terus saja ia bercerita dan bercerita.

“Hahaha…Dul…Dul…Dul…kamu itu memang anak kreatif. Kakak-kakak kamu itu juga kreatif. Dulu waktu mereka seumurmu juga seperti kamu,” sela sang Ayah, saya maksudnya.

Seorang anak – atau manusia dewasa – yang mendengarkan kisah tidak akan pasif. Otak mereka aktif memproduksi berbagai macam imajinasi. Cerita adalah sekedar pengantar. Tetapi kreativitas dalam imajinasi anak-anak kita ini menjadi jauh lebih penting lagi.

Saya dan Tim APIQ menciptakan berbagai macam cerita. Salah satu cerita yang menyentuh adalah petualangan TUAN SATria yang berhasil menyapu medali emas dalam lomba panah tiga tahun berturut. Kemudian perjumpaan – dan cinta – TUAN SATria dengan PUtri LUHAN. Berlanjut dengan kisah tiga anak kembar.

Cerita di atas adalah sekedar cerita. Tetapi imajinasi kreatif anak-anak kita akan menjadi tumbuh sumbur. Belum lagi sebagai bonus dari cerita di atas adalah anak-anak menjadi dapat berhitung cepat pangkat 3 (kubik) secara langsung.

Alur cerita TUAN SAT dengan PUTri LUHAN adalah algoritma aritmetika berhitung cepat pangkat tiga (kubik). Jadi anak-anak belajar berhitung cepat pangkat 3 melalui permainan cerita kreatif.

Kisah dan algortima ini juga merupakan salah satu – dari beberapa – inovasi APIQ di bidang pembelajaran Matematika Kreatif. Semoga bermanfaat.

Mari kita majukan pendidikan Inodensia…!

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

One response to “Pendengar Aktif

  1. aku setuju…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s