Teknik Cara Berhitung Cepat Akar Kuadrat dengan Matematika Kreatif APIQ

Banyak cara untuk menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan. Dari banyak cara ini, kita perlu memilih mana yang paling tepat dan sesuai bagi kita atau anak-anak kita.

Kami di APIQ terus mengadakan riset bagaimana cara yang paling asyik untuk menghitung akar kuadrat. Kami, APIQ, berbahagia karena telah menemukan cara menghitung akar kuadrat dengan permainan. Anak-anak usia dini, usia 4 atau 5 tahun, dapat memainkan permainan APIQ ini dengan bonus dapat menghitung akar kuadrat.

Mari kita coba pelajari berbagai macam cara menghitung akar kuadrat.

1. Cara coba-coba. Ini adalah cara paling umum untuk menyelesaikan hitungan akar kuadrat. Cara ini sangat cocok bagi anak-anak, kita, yang telah lancar menghitung kuadrat atau perkalian.

Misal kita akan menghitung akar (kuadrat) dari 64.

Maka kita coba 5×5 = 25 (terlalu kecil).
Coba 9×9 = 81 (terlalu besar).
Coba 7×7 = 49 (terlalu kecil).
Coba 8×8 = 64 (betul).

Jadi kita peroleh akar 64 adalah 8.

2. Cara faktorisasi. Cara ini cukup menarik dan taktis. Misal, berpakah akar dari 64?

Maka 64 = 2×32 = 2x2x16 = 4×16
Maka
akar 64 = akar 4 x akar 16
= 2 x 4
= 8 (Selesai).

Cara faktorisasi ini sangat berguna sampai pelajaran matematika tingkat tinggi. Ketika duduk di bangku SMA, kita sering menggunakan cara faktorisasi. Ketika kuliah kalkulus, kita juga sering menggunakan cara faktorisasi.

Misal, berapa akar dari 72?
Maka
72 = 9×8 = 9x4x2
Jadi akar 72 = 3x2x akar 2
= 6akar2 = 6√2.

3. Cara pendekatan. Cara ini adalah variasi dan lanjutan dari cara coba-coba. Setelah berlatih beberapa kali, kita akan sangat mahir dengan cara ini. Cara pendekatan ini sangat dahsyat untuk menghitung akar yang nilainya cukup besar.

Misal, berapakah akar dari 1681?

Pendekatan paling masuk akal adalah 40×40 = 1600.

Karena satuan dari 1681 adalah 1 maka satuan dari akarnya tentu 1 atau 9. Dalam hal ini kita memilh 1. (Mengapa?).

Jadi kita peroleh jawaban 40+1 = 41

Misal, berapakah akar dari 3364?

Pendekatan paling masuk akal adalah 50×50 = 2500.
(sedangkan 60×60 = 3600, terlalu besar).

Karena satuan dari 3364 adalah 4 maka satuan dari akarnya adalah 2 atau 8. Dalam hal ini kita memilih 8. (Mengapa?)

Jadi kita peroleh jawaban 50+8 = 58.

4. Dan lain-lain. Tentu masih banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menghitung akar kuadrat. Teruslah berkreasi. Temukan cara yang paling sesuai untuk anak Anda.

Bagi siswa-siswa APIQ, materi menarik akar kuadrat termasuk materi yang sangat disukai. Menarik akar tampak seperti sulit. Tetapi begitu paham caranya ternyata sangat mudah. Apa lagi bila belajarnya sambil bermain. APIQ juga mengembangkan cara menarik akar pangkat 3 (akar kubik) yang asyik.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

About these ads

159 responses to “Teknik Cara Berhitung Cepat Akar Kuadrat dengan Matematika Kreatif APIQ

  1. Ping-balik: Teknik Cara Berhitung Cepat Akar Kuadrat dengan Matematika Kreatif APIQ « APIQ: Matematika Kreatif Aritmetika Quantum

  2. Thank you.

  3. Whoo lmayan ngabantu

  4. Bagaimana cara menghitung akar pangkat tiga dari 3756 secara manual. trima kasih

  5. “Karena satuan dari 3364 adalah 4 maka satuan dari akarnya adalah 2 atau 8. Dalam hal ini kita memilih 8. (Mengapa?)”
    mengapa kita harus memilih angka 8 dari pada 2??
    mohon penjelasannya….

  6. Cara menghitung akar 6,45 ge mn? Yg ada k0ma nya. . .

  7. Terima kasih teman2 semua,
    untuk perhitungan akar irsional silakan mengunjungi tulisan saya:

    http://apiqquantum.wordpress.com/2009/05/17/teknik-berhitung-cepat-akar-irasional/
    @zaini
    Sedangkan untuk menghitung bilangan desimal yang ada koma, maka kita lakukan seperti biasa.

    Misal akar dari 6,25 = 2,5

    @bebi
    Di situ lah letak permainannya. Memilih 2 atau 8 berhubungan dengan fakta bahwa 55×55 = 3025.

    Salam….

  8. Faktorisasi ada kelemahan jika soalnya adalah pangkat suatu bilangan prima, misal 31pangkat2

  9. Kebetulan sdg tidak bawa bukunya,

    Kalo tidak salah, untuk menentukan digit terakhir, misal 1 ato 9, 2 ato 8, dapat diketahui dengan melihat perbandingannya dengan digit terakhir.

    Jika lebih besar, maka pakai angka yang besar.
    Jika lebih kecil, maka pakai angka yang kecil.

    Nah, ada beberapa kok ndak bisa dengan cara tersebut ya pak.

    a.l akar pangkat dua dari : 256, 289, 324
    676, 729, 784
    1296, 1369
    2116, 2209
    3136, 3249
    4489
    8836
    Terima kasih

  10. sy udah bl buku bpk, sungguh menarik.sy hadiahkan pd adik sy di smp,dan sngt mengagumkan hasilnya.thanks

  11. saya masih tidak mengerti maklum bru nax klz 5 sd hhe….

  12. saya ska bingung klau dda pertanyaan sperti ini

    tp spertiny sya bisa….

    hhe

    gimana si adis

  13. hehehe kalau ini sih gampang walau pun gue kls 5 sd lagiankan in sudah diterangkang mah hehehehe kalian ini bodoh bodoh semua kan jadi malu oh ia kan adi pasti betulkan betul betul betul

  14. Ngapain susah2?! Metode yg termudah, terakurat & tercepat udah lama ditemukan.

    Caranya:
    1. Ambil kalkulator scientific atau pake komputer.

    2. Pencet… pencet… pencet…

    3. Betul… betul… betul…

  15. Pke rumus kecap tau kopi aja dech….

  16. faktorisasi lebih mudah..

  17. bookmark!!!…
    matur nuwun ilmunya!

  18. kalo akarnya seperti ini gimana penyelesaiannya??
    √1,96

  19. saya ingin mengetahui akar dalam matematika

  20. saya ingin mengetahui cara menghitung akar

  21. maksih smua …..

    mo nanya ,caranya jelasin trigonometri yg mudah dan praktis ke siswa bgaiman y?

    trimakash . .

  22. bgmn jlnnya kalau 15129 plis krn ada dlm soal try out nasional sd 2010 tq

  23. bagaimana cara menghitung akar koma??

  24. maki..
    ni sngd mmbntu..!!!!

  25. susah

  26. saya inggin menetahui
    akarx 4 akarx 4 akarx 4 ……. pa j???????????????
    dan akarx 12 + akarx 12+ akarx 12 …..
    cara and jawaban

  27. boleh di jawab secepatnya!!!!!!!!!!!!!!!!

  28. gampang juga ya……………………………………………………………………………………………………………………………………………….

  29. terima kasih, ini sabgat membantu saya untuk panduan menggarap PR matematika (akar)

  30. yang ini bisa disederhanakan tdk ? akar122 dibagi (akar3 dikurangi akar6)

  31. untuk anak sd bisa tdk dipake cara ini?

  32. kira2 apiq puny CD pembelajar interaktive ga?

  33. maksudny biar lebih mudah mempelajarinya!Cd plus buku!tolng blez ya!

  34. bagaimana ya cara menghitung akar kuadrat dengan tabel. dan bagaimana cara menghitung akar 3(kubik)
    terima kasih \(^o^)\/(^o^)/

  35. anak kecil aja tau, klo cuma gt…
    yg lebih canggih da ga?????

  36. kk tolong bantu pacahin akar kuadrat dari 35

  37. kk tanya lagi akar kuarat tu siapa yang nemuin pertama

  38. tolong kirimkan di email saya jawaban pertanyaan saya

    entyauux@yahoo.com

  39. “menurut saya bagaimana cara menghitng berbagai
    akar kuadrat untuk tingkat SMP..,,?”

    • saya ada jawabannya, caranya sederhana, saya menggunakan sempoa. tanpa tapi sempoa pun bisa, sederhana dan cepat. kalau saya lihat pada threat ini dari awal sepertinya cara yang saya pakai berbeda cukup jauh. siapa saja yg inigin tahu tekniknya, silahkan email saya : cyakwingking@gmail.com

  40. kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen………..

  41. saya ingin mengetahui cara akar kuadrat

  42. Thx atas infonya.

  43. alhamdulillah ..ternyata cara ku selama ini menghitung n mencari akar.. betul ……………….trima kasih ..

    .

  44. Mas Angger…Salam Kenal.
    Bagaimana caranya mencari akar kuadrat dari angka-angka besar spt misalnya: 38.340.864 tanpa kalkulator atau komputer….? (Jawabannya jangan pakai handphone, pc-tablet, atau semacamnya lho..)

  45. Salam Adi,
    Pertanyaan yang bagus!

    akar 38,340,864 = ?

    1. Kita sedang membahas bilangan bulat atau bilangan riil. Jika bilangan bulat maka lebih mudah karena kita dapat mengenali polanya. Misal kita anggap nilainya adalah bulat.

    akar 38_34_08_64 = …

    Tebakan kita adalah 6xy8 atau 6xy2.

    Dengan berlatih beberapa pola kita akan menemukan akar yang benar adalah 6192.

    2. Jika kita tidak yakin bahwa nilai akarnya adalah bulat maka kita harus melakukan perhitungan yang lebih umum. Teknik bintang dari Paman APIQ dapat kita pakai di sini.

    Terima kasih…
    Salam…

  46. Permisi, kalo nyari bilangan kuadrat yang hasil nya itu bukan bilangan bulat gimana ya?

  47. saya masih bingung

  48. bagai mn cara menghitung akar kuadrat dari 32 dengan faktor’a………….

  49. Saya pingin tahu gimana menghitung pangkat pecahan. Misal 3 pangkat 1/3, Giaman menghitungnya secara manual. Trims.

  50. bagaimana caranya menghitung akar kuadarat dari dan 900

  51. dan klw akar kuadrat dari 7,20,39,50,69,75 sampai dua tempat desimal

  52. kalau akarny 5 angka gimana cara penyelesainya dgn cepa?

  53. thanks ….I like…..bestttttttt…

  54. haduh puseang tpi karena di bantu sma web ini sya jadi seneng pljrn mtk whahaha thx yh yg udah ngebantu

  55. jembut kusut

  56. rieut ahh…….!

  57. susah juga rupanya

  58. Semua emank susah!!!!!
    tapi kalau dipelajari semua gampank!!!!!!!

  59. sukron ya akhi

  60. AKU PELAJARI SUPAYA JUARA SATU AKHIR NYA AKU BERUNTUG DAPAT JUARA 4 AKU MAU GIAT MAU NGEJAR ANAK JUARA SATU

  61. BERMANFAAT SEKALI NIIIHHH!!! TERIMA KASIH BANYAK YA!!

  62. .’ enak yaa blajar mat hhe..he..he:-D

  63. hasil perkalian dari 68759 x 439 adalah 3 0 1 8 5 2 0 1 bagaimana cara menghitung cepatnya? download metodenya klik ->> tinyurl.com/h1tun6 > ilham-rahmat.blogspot.com

  64. password rar nya di atas ->> ilham-rahmat.blogspot.com <<-

  65. ilmu nya sangat bermanfaat pak! terimakasih y pak!!!

  66. gimna cra ngerjain akar kuadrat y

  67. cccccccccccccccaaaaaaaaaaaaacccccccccccaaaaaaaaadddddddddddddddd lawan obed toman susanto be matematika mah!!!!!!!!! goblok,idiot,tolol,dan sangat bego…………ngentot be ama gue

  68. enggak ngerti guaaa

  69. ah pusinx pke cra yg d atas, hsil-y ga sama”…

  70. bingung…..

  71. hasil dari 12,544 dan 399,924

  72. ahadah imoetz,,,,,

    sangat membantu sekali………………..makasi y??????

  73. gw aga blm t’lalu ngrti ama cr lw

  74. g mn sih maksudnya itu msh blm fahamm nihhhhhhhhhhhhh????????????????

  75. cara nya hitung ini gimana 399424

  76. cara menghitung mudah akar kuadrat bilangan irasional (bilangan yang ada komanya :-) ) klik DISINI

  77. cara ngitung 4,761 diakar kuadrat itu gimana??? pleasee help mee

  78. please balewssss ini prr

  79. makasih y udah bagi ilmu sekarang saya ngeti cara cepat menghitung akar kuadrat

  80. cra ni cpt sliii btuuuu sbat u wakkkkkkkkkkkkkkkkkkk

  81. semoga aku dapat rengking satu setelah membaca ini

  82. wah akir nya aku sudah paham

  83. aku ingin menjadi anak pintar

  84. semoga aku naik kelas

  85. aku pengen menjadi anak pintar

  86. semoga aku dapat rangking 1

  87. hai teman teman semoga kita semua menjadi anak pintar

  88. ane belum faham

  89. 1.225 -841 akar kuardratnya jawbnya apa

  90. runailyramadhani sd ANNUR

    pak apa jwbn dari1225-841=akar kuardatnya apa pak

  91. bingung gimana jawabnya! rumit! q jg baru pelajarin :)

  92. ????????????????

  93. kalo 0.891 = cos berapa ya dalam bentuk akar kuadra?? ths

  94. kalo akar kuadrat dari 559 adala ………….
    saya ingin cepat dijawab soal ini

  95. kalok aka kuadrat 3.025 adalah:)

  96. Kalo yg udah diakar cara ny gimana ya??

  97. kalau 647263242478.11=…………..
    coba kerjakan dengan cepat? :)

  98. Bermutu,bermanfaat…..

  99. Misi mas..
    Dicara ketiga ada kalimat “Karena satuan dari 3364 adalah 4 maka satuan dari akarnya adalah 2 atau 8.”
    8 itu dari mana y mas?
    Mohon penjelasannya.

  100. akar kuadrat dari 243 adalah berapa
    mohon di jawab

  101. pola dari 7pangkat64 kayak gimana sih? respond dong pliss

  102. bagaimana kalau akar 0,16

  103. kalau akar 12?????????????

  104. √12 itu jwbnny brp ya?????????
    +carany ya….!!!!

  105. √12?
    tlg ya dijawab >>>>

  106. √93 brp?
    +caranya yaa…
    tlg ya dijawab…

  107. gimana cara ngerjakan √12544 ,√47089 ,dan √62500

    • gampang sekali jawabnya bila meggunakan sempoa, cara tergampang ada di TemaSempoa. (dikerjakan secara manual/terunut langkah per langkah)

  108. pakai cara manual dan jawabannya

  109. berapa akar kuaddrat27dikali125=27=3 125=5 jadi brapa
    =15 by.rangga

  110. Tolong yg buka ini menjawab ya kasihan yg udah bertanya

  111. RANGGA love_ _ _ _ _ sleman kutu dukuh rt 2 no 37belakang roy surya

    Sebenarnya matematika itu gampang kalau kamu teliti

  112. gimana menghitung pangkat pecahan,,,saya baru msk klas 9…blm prnh mamplajarin’a

  113. 7 pangkat 64 brp ?

  114. Maksudnya gimana

  115. admin mau tanya jika 4V625 dan 3V15625 berapa?

  116. klo cari akar pangkat tiga dari suatu bilangan gimana????
    thanxsss…

  117. kalau tentang penarikan akar kuadrat caranya bagaimana pa?

  118. hasil dari akar 34 berapa ya?

  119. mudah mudahan aku bisa seperti apiq

  120. thank you ya kakk udah ngejelasin yg benar,oh ya aku mau tanya kalau ribuan dua angka dari depan bkn plizzz kasi tau donk

  121. kak kok akar 12345 gimana nentuin nya

  122. berapa akar kuadrat 841 dan 1296?????????? .trims

  123. tolong lek.. lebih jelas lg….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s